Karya buatan tangan

MELIHAT NILAI LEBIH DARI KARYA ASLI BUATAN TANGAN

Seiring semakin berkembangnya teknologi, membuat produksi berbagai jenis barang menjadi lebih cepat karena bantuan mesin-mesin yang canggih. Hanya dalam hitungan menit, mesin-mesin tersebut mampu menghasilkan banyak sekali barang. Produk-produk tersebut umumnya dipasarkan dengan nilai yang relatif terjangkau, mengingat biaya produksi yang dapat ditekan karena proses pembuatan yang dilakukan secara massal. Sayangnya, sebagian orang yang awam masih sering membandingkan produk buatan mesin dengan produk autentik karya buatan tangan. Mereka sering mempertanyakan mengapa barang buatan tangan nilainya bisa lebih mahal dibanding barang serupa namun buatan mesin. Bagi mereka, keduanya adalah barang yang sama, terlepas dari yang membuat adalah mesin atau manusia. Padahal yang tak mereka ketahui, banyak proses bertahap di belakang layar yang dilakukan menggunakan cara asli hingga dapat menghasilkan produk tersebut. Lalu, apa saja yang membuat karya autentik menjadi lebih spesial dan bernilai? Berikut penjelasannya.

Pengerjaan yang Butuh Proses Lebih Lama

Karena dibuat menggunakan tangan, waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan sebuah karya tentu butuh proses lebih lama. Jika sebuah mesin mungkin dapat menghasilkan lusinan kain batik cap dalam hitungan menit saja, sebuah kain batik tulis yang dibuat menggunakan canting dan tentunya keterampilan tangan sang pengrajin, dapat membutuhkan waktu pengerjaan hingga berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Bukan tanpa alasan, kreasi desain asli yang rumit dan proses pewarnaan menggunakan canting harus dilakukan secara berulang hingga beberapa kali untuk menghasilkan warna sesuai yang diinginkan. Meski begitu, hasilnya tentu akan sepadan dengan lamanya waktu yang dihabiskan untuk mengkreasikannya. Begitu pula kain tradisional yang ditenun dengan tangan secara manual, tentunya juga butuh proses bertahap yang memakan waktu lebih lama. Jadi, sangat wajar jika waktu pembuatan yang lama menjadikan nilai karya asli buatan tangan lebih tinggi.

Dibuat dengan Kreativitas Asli

Karya seni buatan tangan yang menggunakan cara asli seperti kerajinan kayu atau besi, termasuk juga ilustrasi seni seperti lukisan atau mural, butuh keterampilan dan kreativitas khusus yang tidak dimiliki oleh semua orang. Contoh lainnya adalah kerajinan tangan dari benang wol yang bisa dikreasikan menjadi beragam benda yang bermanfaat, misalnya saja sweater dan syal. Terlepas dari apa kreasi yang dihasilkan, semuanya membutuhkan tangan terampil dan keahlian khusus yang tentu tidak didapatkan sang pembuat secara instan. Ada yang harus belajar bertahun-tahun, ada yang harus merasakan kegagalan dan kerugian material untuk menemukan ide karya yang sukses, dan bahkan ada yang hingga harus mendalaminya sampai ke luar negeri agar mampu memiliki kreativitas dan kemampuan tinggi. Hasilnya adalah karya asli yang unik, punya ciri khas, dan tidak dimiliki oleh orang lain yang bernilai tinggi.

Kualitas yang Lebih Tinggi dan Presisi

Kecanggihan mesin mungkin dapat menghasilkan produk yang berkualitas baik. Namun secanggih-canggihnya mesin, tak akan bisa mengalahkan ketelitian dan keterampilan manusia dalam menghasilkan kreasi asli. Dengan berkreasi menggunakan tangan, kualitas produk akan lebih presisi dan detail karena setiap aspek pembuatannya benar-benar diperhatikan langsung oleh sang pembuat dengan proses lebih lama dan hati-hati. Contohnya bisa dilihat dari pembuatan motor custom. Meski tetap menggunakan bantuan mesin, keterampilan tangan manusia tetap menjadi modal yang utama untuk menghasilkan produk akhir yang berkualitas. Misalnya bagaimana membuat sebuah komponen presisi sehingga kompatibel dengan komponen yang lain, atau keterampilan tangan dalam melakukan teknik pengelasan sehingga hasilnya rapi dan tentu saja kuat. Bentuk hingga warnanya pun dapat disesuaikan dengan keinginan dan konsep dari konsumen, berbeda halnya dengan motor pabrikan yang bentuknya tidak dapat diubah. Faktor menjaga kualitas asli inilah yang membuat tingginya nilai karya asli buatan tangan.

Itu dia alasan kenapa produk karya buatan tangan lebih bernilai dibanding buatan mesin. Selain keterampilan tangan, kreativitas asli juga memegang peranan penting untuk menghasilkan kreasi asli yang punya nilai jual tinggi. Untuk itu, terus tingkatkan kemampuan diri dan temukan inspirasi dalam berkarya langsung dari figur-figur sukses di Asli Exclusive Series. Gabung sekarang dan dapatkan inspirasi asli sekarang!

Teras Gagasan Asli

Bagikan inspirasimu sekarang

Peringatan merokok